Jenis-Jenis OS (Operation System)

kali ini saya menemukan article yang sangat bagus dari teman bloger sekalin :D

apa itu ??
saya akan memberikan informasinya di sini
macam-macam system Operasi dan kelebihan dan kekurangannya





""Sistem operasi atau operating system adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi atau program-program yang bejalan dalam suatu komputer atau PC. Singkatnya, sistem operasi merupakan program dasar dari sebuah komputer. Tanpa sistem operasi semua perangkat keras dan aplikasi atau program-program lainnya tidak akan bisa berjalan.""

nah apa saja sistem operasinya? ini dia:

  • DOS adalah sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer.




  •  Windows  (Windows NT, Windows XP, Windows 7, Windows Vista) Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluargasistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi Windows adalah hasil evolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.




  • Unix,UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA).



  • Machintos,Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasikomputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.


  • LinuxPertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain


  • Solaris, Sun Solaris adalah sebuah sistem operasi keluarga Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc. OpenSolaris adalah Sun Solaris yang di open-source kan di bawah lisensi CDDL (Common Development and Distribution License). Sun Solaris bisa dijalankan di atas prosesor yang berspek x86,x64 dan SPARC.


  • Free BSD FreeBSD adalah suatu sistem operasi yang bekerja layaknya UNIX tetapi bukan turunan dari UNIX. Pertama kali dikembangkan oleh Berkeley Software Distribution pada tahun 1993.


  • Novell Operating Sistem


Novell Operating Sistem


Dibuat oleh Novell Corporation.

Kelebihan :
Sebagai software jaringan.
Kecepatan komunikasi antar PC dalam sebuah LAN (Local Area Network).
Manajemen jaringannya mudah
Perangkat besar (space disk, memori) hanya pada computer yang digunakan sebagai server.
Kekurangan :
Berbasis DOS sehingga mode operasinya tidak grafis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Open Source

Daftarkan Web/blog anda ke GOOGLE Master